Tadarus Online, Jom Cari Pahala Tadarus Bulan Ramadhan - Ini Adalah Bellarina Natasya | Bella Jamal Tadarus Online, Jom Cari Pahala Tadarus Bulan Ramadhan

Trending

Tadarus Online, Jom Cari Pahala Tadarus Bulan Ramadhan

Tadarus Online, Jom Cari Pahala Tadarus Bulan Ramadhan | Bulan Ramadhan menjadi bulan yang selalu dinantikan oleh umat Islam. Keistimewaan Ramadhan dibandingkan dengan bulan lainnya adalah banyaknya pahala yang dilipat gandakan karena terdapat puasa Ramadhan yang diwajibkan.

Tadarus Online

Bahkan dalam bulan Ramadhan, terdapat malam Lailatul Qadar dimana keutamaan malam Lailatul Qadar adalah hari dimana Al-Quran diturunkan sehingga merupakan malam yang paling istimewa di bulan Ramadhan.


Maksud Tadarus Al-Quran

Kalimah Tadarus berasal dari درس yang bermakna belajar, meneliti, memahami & mengkaji. Kemudian ditambah di hadapan kalimah itu dengan huruf Ta’. Maka jadilah ia تدارس yang bermakna saling belajar, saling meneliti, saling memahami & saling mengkaji. Kemudian apabila digabungkan menjadi TADARUS AL-QURAN, maka maknanya menjadi saling mempelajari, memahami & meneliti ilmu Al-Quran.

Mengikut pandangan ulama tafsir pada makna belajar ilmu Al-Qur’an, ia terbahagi kepada 3 tahap. Pertama, belajar ilmu tahsin bacaan Al-Qur’an. Kedua, memahami serta menghayati setiap kalimah yang disebutkan di dalam Al-Qur’an. Ketiga, mempraktikkan segala ilmu yang terkandung di dalam Al-Qur’an.


Dalil Tadarus Di Bulan Ramadhan

Di bulan Ramadhan, hendaknya kita selalu membaca Al Quran setiap harinya. Ada banyak pahala tadarus di bulan Ramadhan yang dapat kita ambil. Berikut dikutip beberapa dalil tadarus di bulan Ramadhan.

Mendapat Syafa’at
Dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu'anhu; Saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” (HR. Muslim 804)
Sabda Nabi Muhammad saw: “Puasa dan Al-Qur’an keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat…” (HR. Ahmad dan Al-Hakim).

Mendapat Barakah
Dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu‘anhu : Saya mendengar Rasulullah shalallahu‘alaihi wasallam bersabda : 

“Bacalah oleh kalian dua bunga, yaitu surat Al-Baqarah dan Surat Ali ‘Imran. Karena keduanya akan datang pada hari Kiamat seakan-akan keduanya dua awan besar atau dua kelompok besar dari burung yang akan membela orang-orang yang senantiasa rajin membacanya. Bacalah oleh kalian surat Al-Baqarah, karena sesungguhnya mengambilnya adalah barakah, meninggalkannya adalah kerugian, dan sihir tidak akan mampu menghadapinya." (HR. Muslim 804)

Dari shahabat An-Nawwas bin Sam’an Al-Kilabi radhiallahu‘anhu berkata : saya mendengar Rasulullah shalallahu‘alaihi wasallam bersabda : 

“Akan didatangkan Al-Qur`an pada Hari Kiamat kelak dan orang yang rajin membacanya dan senantiasa rajin beramal dengannya, yang paling depan adalah surat Al-Baqarah dan surat Ali ‘Imran, keduanya akan membela orang-orang yang rajin membacanya.” (HR. Muslim 805)


Mendapat Pahala Sedekah
Rasulullah saw bersabda: 

“Orang yang membaca Al-Qur’an terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Al-Qur’an secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i, lihat shahihul jaami’:3105).

Pahala Yang Berlipat Ganda
Dari Ummul Mu`minin ‘Aisyah d berkata, bahwa Rasulullah shalallahu‘alaihi wasallam bersabda :

“Yang membaca Al-Qur`an dan dia mahir membacanya, dia bersama para malaikat yang mulia. Sedangkan yang membaca Al-Qur`an namun dia tidak tepat dalam membacanya dan mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala.” (Al-Bukhari 4937, Muslim 244)
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra yang maksudnya: 

“bahwa Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang mendengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat.”

Pahala & keutamaan Tadarus Al-Qur'an di bulan Ramadan Imam Nawawi menyebutkan bahwa amalan membaca Alquran (tadarus) adalah zikir yang paling muakkad (paling dianjurkan). Tidak hanya itu, Tadarus Al-Qur'an pada bulan Ramadan akan mendapatkan pahala yang dilipat gandakan. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim sebagai berikut:

“Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (HR. Bukhari-Muslim).


Tujuan Tadarus Alquran

Tujuan tadarus alquran diadakan sepanjang bulan Ramadhan ini adalah sebagai salah satu langkah mewujudkan penghayatan beramal dan beribadah dalam bulan yang penuh barakah ini.

Untuk Tadarus Ramadhan/Tadarus Al Quran Online

Berikut adalah link murottal Alqur'an 30 juz untuk tadarus ramadhan/tadarus al quran online tanpa perlu download, perlu play sahaja. Atau boleh copy paste link untuk play. Semoga bermanfaat.

Juz 1 ⇨ http://j.mp/2b8SiNO

Juz 2 ⇨ http://j.mp/2b8RJmQ

Juz 3 ⇨ http://j.mp/2bFSrtF

Juz 4 ⇨ http://j.mp/2b8SXi3

Juz 5 ⇨ http://j.mp/2b8RZm3

Juz 6 ⇨ http://j.mp/28MBohs

Juz 7 ⇨ http://j.mp/2bFRIZC

Juz 8 ⇨ http://j.mp/2bufF7o

Juz 9 ⇨ http://j.mp/2byr1bu

Juz 10 ⇨ http://j.mp/2bHfyUH

Juz 11 ⇨ http://j.mp/2bHf80y

Juz 12 ⇨ http://j.mp/2bWnTby

Juz 13 ⇨ http://j.mp/2bFTiKQ

Juz 14 ⇨ http://j.mp/2b8SUTA

Juz 15 ⇨ http://j.mp/2bFRQIM

Juz 16 ⇨ http://j.mp/2b8SegG

Juz 17 ⇨ http://j.mp/2brHsFz

Juz 18 ⇨ http://j.mp/2b8SCfc

Juz 19 ⇨ http://j.mp/2bFSq95

Juz 20 ⇨ http://j.mp/2brI1zc

Juz 21 ⇨ http://j.mp/2b8VcBO

Juz 22 ⇨ http://j.mp/2bFRxNP

Juz 23 ⇨ http://j.mp/2brItxm

Juz 24 ⇨ http://j.mp/2brHKw5

Juz 25 ⇨ http://j.mp/2brImlf

Juz 26 ⇨ http://j.mp/2bFRHF2

Juz 27 ⇨ http://j.mp/2bFRXno

Juz 28 ⇨ http://j.mp/2brI3ai

Juz 29 ⇨ http://j.mp/2bFRyBF

Juz 30 ⇨ http://j.mp/2bFREcc

Sumber website https://jipskelantan88695409.wordpress.com/

Mohon disebarluaskan. Mudah-mudahan menjadi ladang amal jariyah bagi kita semua. Tebarkanlah kebaikan meskipun kebaikanmu sebesar biji dzarrah Amin Ya Robbal Alamin.
Bella Jamal

Hi! Bella Jamal is a part-time blog writer of Ini Adalah Bellarina Natasya. A long time ago graduated from the National University of Malaysia with a degree in Bachelor of Chemistry, now working as a Social Media Professional for Telco company. For any opportunities, can contact me at jbella8868@gmail.com

Previous Post Next Post